Tagged under:

Kompetisi Foto Sun Anugerah Caraka 2014

SUN ANUGERAH CARAKA 2014 – KOMPETISI FOTO
Periode lomba: 11 Agustus – 30 September 2014

    Batas akhir pengumpulan foto dalam bentuk soft copy untuk media dan umum adalah30 September 2014 pukul 23.59 WIB.
    Pemenang akan diumumkan melalui www.sunlife.co.id, www.brighterlife.co.id, Facebook BrighterLifeID, dan twitter@BrighterLifeID.


TEMA:
Kehangatan Matahari
SUB TEMA: Keluarga
OBYEK FOTO: Menggambarkan aktivitas keluarga bahagia atau kegiatan manusia yang mengandung unsur atau efek matahari di seluruh pelosok Indonesia.

SYARAT UMUM MENGIKUTI KOMPETISI

    Lomba terbuka untuk umum (Warga Negara Indonesia).
    Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto kamera digital atau DSLR dan bukan smartphone.
    Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori , yaitu media dan umum. Semua wartawan, kontributor, dan koresponden resmi dari berbagai media (cetak dan online) resmi di seluruh Indonesia serta umum (termasuk mahasiswa).
    Tidak ada batasan umur.
    Peserta adalah perorangan (individu).
    Jumlah peserta dari satu media tidak dibatasi.
    Foto yang dilombakan khusus bagi media adalah yang belum maupun sudah dimuat di media periode 1 Januari – 30 September 2014.
    Foto yang dikirim bersifat konstruktif, sopan, tidak mengandung unsur pornografi ataupun SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).
    Pengiriman karya foto harus dalam bentuk digital yang menggunakan format JPEG serta disertai data diri: nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, asal instansi/sekolah/universitas/media, menyertakan hasil scan identitas (KTP/KARTU PERS/KTM/PASPOR/KARTU PELAJAR).
    Peserta membebaskan perusahaan atau pihak-pihak manapun yang berhubungan dengan penyelenggaraan kompetisi ini dari segala bentuk tuntutan dari pihak-pihak lain yang terkait dengan hasil karya peserta yang diikutsertakan di dalam kompetisi.
    1Apabila di kemudian hari peserta melakukan pelanggaran atas ketentuan dan persyaratan kompetisi tertulis, dan terbukti bahwa foto yang dilombakan merupakan karya plagiat/bukan hasil karya peserta sendiri, pemberian data yang keliru dan/atau tidak benar, maka peserta akan didiskualifikasi.
    Batas akhir pengiriman foto adalah tanggal 30 September 2014 pukul 23.59 WIB. 13. Pengumuman seluruh pemenang akan dipublikasikan melalui www.sunlife.co.id, www.brighterlife.co.id, facebook BrighterLifeID dan twitter@BrighterLifeID pada tanggal 10 November 2014.
    Peserta lomba tidak dipungut biaya apapun.
    Pemenang akan dihubungi oleh PT Sun Life Financial Indonesia dan diwajibkan untuk mengirimkan file high resolution.
    Hak cipta tetap pada fotografer, namun PT Sun Life Financial Indonesia berhak menggunakan foto pemenang untuk kepentingan publikasinya baik untuk collateral,Below The Line, dan Above The Line.
    Foto-foto yang dikutsertakan dalam lomba ini tidak akan dikembalikan dan PT Sun Life Financial Indonesia tidak akan memakai foto yang bukan pemenang untuk keperluan apapun dan akan memusnahkan data tersebut demi menjaga dan menghargai hak kekayaan intelektual dari para peserta. Pemakaian foto yang bukan pemenang akan dihubungi sendiri dan dengan melalui suatu perjanjian tersendiri.


KRITERIA PRA-SELEKSI FOTO KATEGORI MEDIA DAN UMUM

    Peserta dapat mengirim maksimal 5 foto dalam bentuk soft copy dengan ukuran file 1,5-5 MB dan ukuran minimal resolusi 2.560 pixels untuk sisi panjangnya.
    Karya foto yang diikutsertakan untuk lomba merupakan karya asli, tidak direkayasa, dan belum pernah meraih penghargaan apapun.
    Olah digital diperkenankan hanya sebatas sharpening, color balance, level, contrast,dodge, burn, dan cropping tanpa mengubah keaslian foto. Tidak diperkenankan mengirimkan foto berupa kombinasi atau hasil olahan digital dari beberapa file (kolase ataupun montage).
    Karya yang sudah dikirimkan menjadi hak milik panitia dan tidak akan dikembalikan.


KRITERIA PENILAIAN UNTUK KOMPETISI FOTO KATEGORI MEDIA DAN UMUM:

    Teknis: melingkupi unsur-unsur dasar fotografi yakni ketajaman, sudut pandang, teknik pemotretan, serta komposisi.
    Konsep: melingkupi unsur-unsur gagasan atau ide yang melatarbelakangi lahirnya sebuah karya foto.
    Konten: melingkupi unsur-unsur pesan dan informasi yang tersirat maupun tersurat dalam foto. Pesan dalam foto bisa berupa pernyataan, kesan atau ungkapan emosi. Pesan yang bagus adalah pesan yang jelas, tegas, dan efektif.
    Tematis: melingkupi unsur-unsur yang terkait dengan tema lomba.


MEKANISME PENJURIAN
Karya yang diterima akan diseleksi oleh panitia melalui tahap seleksi administrasi dan berdasarkan kategori, kemudian diserahkan kepada dewan juri. Masing-masing juri mengajukan nominasi karya terbaik untuk dinilai dalam sidang dewan juri. Keputusan akhir dewan juri menentukan satu pemenang untuk masing-masing kategori. Kompetisi ini mengikutsertakan pihak independen untuk menjaga kredibilitas lomba.

Dewan juri:

    Arbein Rambey, Fotografer Senior.
    Aris Sanjaya, Fotografer profesional.
    Shierly Ge, Head of Marketing PT Sun Life Financial Indonesia.

    Karya yang tidak memenuhi syarat pengiriman dinyatakan gugur (bila tidak sesuai kriteria).
    Penjurian akan dilakukan pada tanggal 6-10 Oktober 2014.
    Untuk kategori foto favorit akan diadakan pada 13-20 Oktober 2014 di FacebookBrighterLifeID. Foto yang akan ditampilkan merupakan foto yang sudah melewati proses seleksi awal. Pemenang kategori ini akan dipilih berdasarkan jumlahshare terbanyak dari Facebook BrighterLifeID.
    Dengan mengirimkan karya foto berarti peserta telah dianggap menyetujui semua ketentuan teknis dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia. Semua hasil pemberitaan/publikasi di media atau dari peserta kategori umum dalam bentuk foto yang diikutsertakan dalam lomba harus sudah diterima dalam bentuk soft copy melaluiemail: sac14_sunlife@cognito.co.id dengan tembusan ke alamat email:ajeng@cognito.co.id serta rufaida@cognito.co.id paling lambat pada tanggal 30 September 2014 pukul 23.59 WIB
    Pada subyek email ditulis:

Untuk kategori Media: SAC14 / NAMA MEDIA / NAMA JURNALIS / FOTO 1 (apabila jurnalis mengirimkan lebih dari satu foto maka harap dipisah pengiriman email-nya dan pada subyek ditulis “SAC14 / NAMA MEDIA / NAMA JURNALIS / FOTO 2” dan seterusnya.)
Untuk kategori Umum: SAC14 / UMUM/ NAMA PESERTA / FOTO 1 (apabila peserta mengirimkan lebih dari satu foto maka harap dipisah pengiriman email-nya dan pada subyek ditulis “SAC14 / UMUM/ NAMA PESERTA / FOTO 2” dan seterusnya.)

    Hasil keputusan juri akan diumumkan pada 10 November 2014 (jika ada perubahan, akan diumumkan kembali).
    Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
    Panitia akan menghubungi pemenang dan melayangkan surat kepada Pimpinan Redaksi atas karya yang menang bagi kategori Media.


PEMENANG DAN HADIAH
Kategori Kompetisi Foto Media
Juara I Rp 10 juta + sertifikat + merchandise Sun Life Juara II Rp 7,5 juta + sertifikat + merchandise Sun Life Juara III Rp 5 juta + sertifikat + merchandise Sun Life Hadiah Hiburan untuk 3 pemenang masing-masing mendapatkan Rp 1 juta + merchandiseSun Life
Kategori Kompetisi Foto Umum:
Juara I Rp 10 juta + sertifikat + merchandise Sun Life
Juara II Rp 7,5 juta + sertifikat + merchandise Sun Life Juara III Rp 5 juta + sertifikat +merchandise Sun Life
Hadiah Hiburan untuk 3 pemenang masing-masing mendapatkan Rp 1 juta + merchandiseSun Life

Kategori Favorit
1 pemenang favorit di facebook BrighterLifeID Rp 1 juta + merchandise Sun Life

Catatan: Peserta tidak dipungut biaya.